Rabu, 26 Desember 2012

BISNIS JAJAN PASAR : KLEPON VARIASI MAKIN BERGENGSI



Jajan Pasar kue basah, bisnis sepanjang masa
Jajan pasar atau kue tradisional  bukan bisnis remeh. Meski keberadaanya lebih banyak  beredar di pasar namun bukan berarti usaha kue tradisional tidak memiliki prospek alias tidak menguntungkan. Jajan pasar adalah satu satunya kue yang bertahan sejak jaman dahulu kala sampai sekarang. Perkembang usaha makanan saat ini malah justeru menambah porsi pengembangan makanna asli Indonesia lebih besar. Peningkatan apresiasi terhadap warisan kuliner nusantara berperan besar membangkitkan omzet penjualan kue tradisional ini. Kue yang sudah dikenalkan dari nenek moyang dan turun temurun ini sudah memiliki pasar yang luar biasa besarnya.
Keunggulan jajan pasar adalah pertama, kue tradisional adalah kue yang dikenalkan oleh keluarga secara turun temurun. Artinya kue ini dikenalkan lewat acara khusus dalam ceremoni tradisi misalnya acara tujuh bulanan, perkawinan, kelahiran bayi dan sebagainya. Di meja makan setiap hari sepulang dari pasar, orang tua biasanya memberi oleh oleh berupa jajan pasar. Melalui proses yang terus menerus dan selalu dihidang itu, maka kue tradisional begitu lekat dan dikenal. Meski terkadang ditiap daerah berbeda tapi kue tersebut pasti dikenal. Proses pendidik pengenalan kue semacam ini akan mampun menghadang serbuan kue luar negeri dan pabrikan. Orang akan tetap ingat kue tradisional dan merindukannya. Kedua, meningkatnya apresiasi kue tradisional sehingga tampil modern dan tidak ketinggalan jaman. Kue tradisional tidak hanya masuk di pasar becek, tapi sekarang mulai hadir di jamuan hotel bahkan acara kenegaraan dan pemerintahan . Ketiga bahan baku kue tradisional menggunakan bahan asli Indonesia yang mudah didapatkan sehingga tidak khawatir dengan ketersediaan bahan baku. Keempat, jajan pasar atau kue tradisional memiliki pasar yang khas dan special sehingga tiap kue pasti memiliki konsumen khusus juga. Kelima, selerah kue /jajan pasar ini sangat mewakili selera indonesia  . Diciptakan oleh orang Indonesia sendiri berdasarkan potensi kekayaan alam indonesia tentunya.
Bicara berapa besar omzet usaha jajan pasar, boleh dikatakan kue ini memiliki potensi yang sangat besar.Setiap hari ribuan jajan pasar dibeli untuk disajikan. Perlu diingat, jajan pasar berbeda dengan bakery, jajan pasar memiliki potensi dihidangkan dalam berbagai even bahan upacara adat/agama menggunakan jajan pasar, tidak terbatas dihidangkan pagi hari saja, jajan pasar bisa hadir menjadi teman minum teh, nonton tivi, snak meeting dan berbagai acara arisan lainnya. Semakin luas penggunaan semakin besar pasar yang bisa dikembangkan.

TIPS  IDE MODIFIKASI KLEPON
Klepon konon ceritanya adalah jajan tradisional khusus yang seringkali diidentifikasikan dengan cara menyembuhkan penyakit. Klepon adalah kue yang disajikan jika seseorang terserang penyakit bisul. Agar cepat sembuh, seringkali klepon dibagi sebagai bancaan dengan harapan bisul cepat sembuh (meletus, seperti kandungan gula merah dalam klepon). Klepon adalah jajan tradisional warna hijau pandan terbuat dari tepung ketan diisi dengan gula merah dan dibalut kelapa parut. Bentuknya khas dan rasanya unik yakni gula yg muncrat/melumer saat disantap.
Akhir akhir ini banyak berkembang dengan kemunculan jenis jajan lama yang diusung lagi dan langsung diserbu oleh penggemar. Tips yang bisa digunakan dalam mengembang usaha klepon agar tampil lebih memikat di pasar adalah : Mengusung kembali cerita unik dibalik klepon sehingga mengugah cerita lama yang khas,mengemas r dengan bungkus yang cantik dan modern, modifikasi dengan bahan bahan modern yang tampil lebih trendy serta image klepon bergizi tanpa pengawet.
Resep Klepon Aneka Isi  (coklat, strawbery, vanila, blueberry, gula dst)
Klepon adalah salah satu kue yang cukup menyehatkan karena tidak digoreng, dikukus dan disajikan segar. Salah satu yang sering membuat klepon terkesan kurang aman dikonsumsi adalah pemakaian kapur agar klepon empuk. Sebenarnya tanpa menggunakan air kapur/kapur pun klepon bisa dibentuk dan cukup empuk. Bahan baku tepung yang bagus akan menghasilkan klepon yang empuk dan kenyal.

Bahan :
Tepung sagu                                        25 gr
Air hangat                                           175 ml
Santan kental                                      20 ml
Sari daun suji                                      10 ml
Selai blueberry/strawberry/ dll            150 gr
Taburan kelapa/keju, secukupnya
Cara Membuat :
Campur tepung ketan, sagu. Aduk rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk agar kalis. Tambahkan santan dan air suji. Aduk hingga rata.  Ambil adonan bentuk bulat, pipihkan lalu tambahkan selai bluberry, tutup dan bentuk bulat kembali sehingga selai ada di dalam adonan. Rebus klepon dalam air mendidih diatas api sedang dalam beberapa menit (20 menit) hingga mengapung dan masak. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan kelapa parut dan keju.
Resep dan Perhitungan Harga Klepon Isi Blueberry

 bahan
  q'ty/gr 
  harga/kg 
  nilai/Rp 
Tepung ketan
                200.00
          25,000.00
                  5,000.00
Tepung sagu
                  25.00
          20,000.00
                     500.00
air hangat
                175.00
            8,500.00
                  1,487.50
santan
                  20.00
               150.00
                         3.00
daun suji
                  10.00
          25,000.00
                     250.00
selai blueberry
                150.00
          35,000.00
                  5,250.00
kelapa parut
                  75.00
          10,000.00
                     750.00
 Total jumlah
                655.00

                13,240.50
Hasil jadi
 30 biji


Harga per biji


441.35

Analisa Usaha Penjualan Klepon blueberry isi 4 per pack x 50 pack


 Biaya Operasional



 biaya bahan  

 Rp.
                        88,270.00
 Kemasan @ Rp. 100 

 Rp.
                          5,000.00
 Tenaga kerja 1 orang

 Rp.
                        35,000.00
 Biaya bahan Bakar dan listrik

 Rp.
                        10,000.00
 Jumlah Biaya operasional

 Rp.
                     138,270.00
 Harga pokok per pack

 Rp.
                          2,765.40
 harga jual per pack

 Rp.
                          5,000.00
 omzet per hari

 Rp.
                     250,000.00
 keuntungan = omzet - biaya operasional

 Rp.
                     111,730.00
 *dimuat di harian surya surabaya

1 komentar: