Jumat, 22 Juni 2012

BISNIS COOKIES TANPA TELUR AGAR MURAH MERIAH

 
Usaha Semprit/cookies Dalam Kemasan Makin Berkembang
Usaha kue kering seperti semprit merupakan salah satu usaha favorit yang paling banyak diminati.  Disamping semprit mudah dibuat, bahan baku mudah didapat dan modal tidak perlu modal padat. Usaha kue yang sering kali dikaitkan dengan hobi ibu ibu  sekarang  tidak lagi dianggap sebagai usaha remeh. Trennya berkembangnya usaha kue kering semakin terlihat dengan munculnya aneka kue kering modern dan tradisional.  Bahkan dengan munculnya outlet penjualan khusus snak dan kue kering, merupakan tanda bahwa usaha kue kering ini sudah punya pasar tetap khusus.
Apalagi saat lebaran , ketika orang ramai dan sibuk mempersiapkan perhelatan besar tersebut, kehadiran semprit menjadi sangat penting. Kue ini memiliki fungsi tak hanya sebagai suguhan saat tamu datang, tapi juga menjadi kue hantaran keluarga.  sementara untuk kebutuhan hantaran, keluarga yang berkunjung seringkali membawa buah tangan atau sekedar member parcel. Kue kering menjadi alternative yang paling banyak dipilih. Otomatis permintaan kue kering menjadi besar. Apalagi semprit adalah salah satu jenis kue kering yang paling familiar dan dikenal semua orang. Menghadirkan semprit dalam suasana apalagi lebaran menjadi tuntutan yang harus dipenuhi.
Di pasar tradisional, supermarket, outlet khusus sampai penjualan door to door penjualan kue kering semprit tak hanya  marak menjelang lebaran tapi terkadang untuk suguhan keseharian.

Mengapa Memilih usaha kue semprit ekonomis di tengah krisis ?
Alasan utama adalah Usaha ini sangat mudah apalagi bagi Anda yang gemar berkreasi membuat aneka kue, jadi bisa dikerjakan oleh siapapun tidak harus koki pengalaman.  Jika Anda tidak memiliki  keahlian membuat kue , anda bisa memulainya dengan kursus kue yang banyak bertebaran atau untuk menghemat biaya lakukan eksperimen kecil di rumah, aneka koran dan majalah masakan banyak membahas cara membuta kue.
Permodalan yang kecil dan relative aman, artinnya memulai usaha kue kering semprit  tidak memerlukan biaya atau investasi yang besar. Peralatan yang digunakan cukup dengan peralatan sederhana semacam kocokan telur, mixer, oven dan beberapa alat kecil dapur lainnya. Artinya dengan peralatan dapur yang Anda miliki sekarang, usaha kue kering ini bisa langsung dimulai. Sesuaikan dengan kemampuan dan jumlah alat yang dimiliki. Untuk awal bisa dengan membuat 5 atau 8 delapan pak/toples per hari. Sambil berjalan diamati.
Resiko kecil, yakni kue kering lebih tahan lama dan awet di suhu ruangan sehingga potensi terjadinya kerugian akibat busuk dapat dikendalikan. kalau tidak laku hari ini, kue kering masih memiliki kesempatan dijual besuk atau hari lainnya karena masa kadaluarsanya cukup lama. Dengan begitu kerugian akibat kue busuk lebih kecil. Pengemasan yang tepat menjadi kunci utama dari tingkat keawetan kue semprit yang dijual.Kue semprit lebih memiliki nilai lebih jika dikemas dengan cantik dan menarik. Meski rasa kue biasa biasa saja  tapi jika dikemas rapi, konsumen rela mengeluarkan koceknya. Pilih kemasan yang aman dan mudah dibuka oleh konsumen. Perhatikan kekuatan pengemas, jangan sampai kemasan robek, bolong atau mudah terbuka. Kemasan sangat penting karena berfungsi melindungi kue kering dari kotoran, pertumbuhan jamur dan bakteri atau serangan serangga semacam semut, lalat  atau tikus yang dapat merusak penampilan dan rasa kue kering.
Pastikan segmen konsumen kue semprit yang akan Anda jual. Jika anda menjual kue kering untuk konsumen kelas ekonomis pastikan harganya benar benar terjangkau. Untuk membuat kue semprit menjadi ekonomis terjangkau namun rasanya tetap enak perlu diberikan bahan yang dapat menggantikan fungsi telur. Telur apalagi menjelang lebaran akan mengalami kenaikan yang cukup drastis yang akan mempengaruhi harga jual semprit. Padahal saat ini era krisis yang dibarengi dengan daya beli yang turun membuat konsumen tidak mampu membeli semprit dengan bahan telur yang akan menjadi mahal. Salah satu bahan pengganti telur saat ini mulai beredar di pasaran bisa jadi alternatif untuk menggantikan telur yang mahal.

Memilih Pengemasan Kue Kering
Jenis kemasaan sangat banyak.Saat ini banyak tersedia aneka pengemasa untuk usaha kecil yang lebih bervariasi sehingga Anda bisa menjual kue semprit kering dalam kemasan yang lebih cantik.
Composite Can, adalah jenis pengemasan yang terbuat dari bahan kaleng dan bahan karton lain yang aman untuk makanan. Composite can berupa tabung memanjang ini dilengkapi dengan penutup yang rapat sehingga kue kering aman dari kotoran.
Toples plastic PET, bahan ini sangat cocok untuk mengemas kue  kering anda. Harganya sangat terjangkau . terbuat dari bahan yang aman dan dilengkapi dengan tutup yang rapat. Toples ini bening sehingga kue mudah dilihat.
Plastik kemasan Multillayer , yakni plastic dengan ketebalan khusus sehingga tahan terhadap perubahan udara dan kuat untuk membungkus kue kering. Aneka kue kering semprit cocok untuk dikemas dalam wadah plastic multilayer ini karena kue tidak mudah tengik.
Resep dan Perhitungan Semprit Tanpa Telur


Bahan
Berat/gr
Harga/kg
Biaya/Rp
 Margarine
                  300.00
                  15,000.00
                          4,500.00
 gula
                  150.00
                  12,000.00
                          1,800.00
 pengganti telur ibs*
                      4.00
                120,000.00
                              480.00
 terigu
                  390.00
                     9,000.00
                          3,510.00
 cokelat bubuk
                    20.00
                  24,000.00
                              480.00
 garam
                      3.00
                     1,200.00
                                   3.60
 vanili
                      0.60
                  24,000.00
                                14.40
 air
                    30.00
                        125.00
                                   3.75
 Jumlah
                  897.60

                  10,791.75
 Hasil jadi setelah masak
                  700.00


Harga/kg


                        15,416.79

Cara Membuat Semprit tanpa telur :
Terigu, garam, coklat bubuk,vanili dan bubuk pengganti telur ibs* dicampur jadi satu, aduk rata.
Kocok gula dan margarine sampai halus dan lembut menyatu.  Masukkan campuran tepung dan aduk sampai rata sambil tambahkan air lalu aduk sampai bisa dipulung.
Cetak semprit dalam Loyang satu persatu dengan cetakan manual. Oven sesuai suhu yang ditentukan dan masak sampai mengering. Angkat dan dinginkan. Kemas kue semprit sesuai dengan takaran yang diperlukan.
*1 gr pengganti telur bisa menggantikan 1 butir kuning telur setara dengan 25 – 30 gr telur kuning.
Analisa Usaha Penjualan Semprit semprit kemasan 250 gr x 40 toples per hari

 Biaya Operasional



 biaya bahan semprit

Rp.
                      154,167.86
 kemasan @ Rp. 1000

Rp.
                        40,000.00
 Tenaga kerja

Rp.
                        45,000.00
 Biaya bahan Bakar

Rp.
                        10,000.00
 Transport dll

Rp.
                          7,000.00
 Jumlah Biaya operasional

Rp.
                      256,167.86
 Harga pokok per toples

Rp.
                          6,404.20
 harga jual per toples 250 gr

Rp.
                        10,000.00
 omzet per hari

Rp.
                      400,000.00
 keuntungan = omzet - biaya operasional

Rp.
                      143,832.14







 dimuat di harian surya surabaya


1 komentar:

  1. Salam kenal..
    Saya mau tanya, kue kering dengan resep ini dapat bertahan sampai berapa lama?
    Terimakasih...

    BalasHapus