Jumat, 11 November 2011

USAHA TERANG BULAN SUPER MINI, SEMAKIN PROSPEK DAN TRENDY (Memulai Usaha Martabak /Terang Bulan Dengan Gerobak Modern)


Usaha terang bulan, makin menantang

Martabak manis atau di jawa timur lebih dikenal dengan kue terang bulan memang sudah lama dikenal dan digemari oleh hampir semua orang. Kue yang paling cocok disajikan saat panas ini memang cukup menarik perhatian dengan aneka toping yang digemari dari usia anak anak sampai dewasa. Kue ini cenderung identik dengan buah tangan atau oleh oleh saat keluar rumah dan dimakan bersama sama dengan potongan kecil. Rasa coklat, kacang dan keju adalah toping yang paling populer dikenal. Teksturnya yang lembut dan sedikit memberi rasa kenyang menjadi alternatif semua orang untuk menganjal perut saat menunggu makan atau menahan lapar.

Usaha martabak manis atau terang bulan akhir akhir ini berkembang cukup pesat. Jika dahulu kala usaha ini banyak dimotori oleh sekelompok pedagang martabak dari daerah lebak siu, jawa tengah, maka saat ini hampir menyebar di seluruh indonesia. Apalagi dengan berkembangnya aneka jenis usaha martabak manis dengan cara franchise dan kerjasama. Beberapa Jenis martabak seperti martabak alim van de cock, holland, franchise, pan pan dan martabak lainnya merupakan contoh usaha martabak dengan sistem jaringan. Puluhan gerai modern mereka di beberapa tempat strategis dan mall menjual aneka jenis martabak manis dan telur. Pembelinya berjubel dan antri. Gerobak dan gerai didesign begitu menarik dengan warna warni khas yang menantang sehingga pembeli dengan mudah mengingat merk martabak yang terkenal tersebut. Gerobak tidak lagi terbuat dari bahan kayu dengan warna sederhana tapi lebih trendy dengan aneka bentuk dan warna. Bungkus martabak sekarang lebih keren, bukan lagi tas kresek dan plastik koran atau bungkus coklat saja.

Munculnya fenomina martabak ala franchise ini menunjukkan bahwa usaha martabak manis mengalami perkembangan luar biasa. Seperti perkembangan bakery ala singapore, jepang atau taiwan (butik roti) yang menyajikan aneka roti cantik dengan ragam variasinya, martabak manispun tersedia dalam berbagai rasa dan aneka toping. Yang paling ngtrend dan banyak digemari adalah martabak mini ukuran kecil yang khusus dinikmati untuk “personal” atau perorangan. Aneka toping menarik mulai keju, coklat, aneka rasa buah sampai buah aslinya tersedia. Bentuknya lucu dan menarik, dikemas dalam karton kotak yang telah diberi lubang angin sehingga terang bulan tidak berembun.

Mengapa Mini Lebih Trendy ?

Martabak mini bisa jadi adalah cara baru agar tetap bisa menikmati martabak dengan harga terjangkau. Selama ini terang bulan/martabak manis selalu identik dengan ukuran besar lalu dipotong menjadi ukuran kecil persegi. Martabak gaya lama ini seringkali “kurang lengkap” karena ukurannya terlalu besar (untuk keluarga kecil yang hanya butuh beberapa potong saja), variasi toping terbatas  (satu martabak satu rasa saja) dan terkadang belepotan tumpah karena sudah dipotong potong. Penampilan terang terlihat kurang menarik karena dipotong potong kecil terkadang tidak beraturan. Terang bulan yang dinikmati hanya satu macam saja, jika ingin rasa yang lain maka harus membeli ukuran besar lainnya. Ini kurang memberatkan keuangan pembeli.

Martabak mini memiliki keunggulan diantaranya ; karena ukuran kecil pembeli tidak perlu memotoong lagi , aneka toping atau rasa bisa dibeli sekaligus dalam satu paket, efisein karena tidak ada terang bulan yang tersisa karena ukuran kecil bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bentuknya lebih menarik, lebih cepat masak sehingga cepat saji dan sesuai dengan kemampuan kantong. Terang bulan mini atau unyil memang lebih menarik karena dengan begitu pembeli dengan bebas bisa menentukan rasa dan toping yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan (jika  terang bulan ukuran besar hanya satu rasa saja).

Teknik Anti Sisa, Cara efisien Menjual Martabak Manis

Pembuatan adonan martabak manis atau terang bulan seringkali tidak efisien. Pedagang membuat adonan terang bulan dalam jumlah yang besar karena harus melalui fermentasi selama beberapa jam bahkan seharian. Ini tentu saja menghamburkan uang karena adonan yang banyak membutuhkan biaya yang cukup besar juga. Apalagi jika menghadapi situasi yang tidak menguntungkan misal cuaca hujan dimana orang banyak tinggal di rumah sehingga penjualan terang bulan sedikit, maka sisa adonan bisa menjadi sumber kerugian. Adonan jadi terbuang sia sia.

Untuk menghindari kerugian akibat adonan yang terbuang perlu dilakukan langkah efisiensi adonan dengan cara :
  1. Fermentasi cepat, dengan menggunakan ragi/yeast instan yang bisa diaduk langsung dan hanya memerlukan waktu 30 sampai 60 menit. Jadi pembuatan adonan bisa bertahap menyesuaikan keadaan.
  2. Menggunakan baking soda sebagai pengembang dan ditambahkan pada saat adonan akan dicetak sehingga tidak memerlukan lagi waktu fermentasi. Hanya diperlukan waktu 10-15 menit untuk mencampur adonan tepung dan tambahkan soda kue/baking soda.
  3. Memperkecil jumlah batch (jumlah sekali adoanan) ; misal campuran tepung siap aduk dikemas menjadi 1 kg atau 2 kg sehingga pembuatan bertahap sesuai dengan keadaan penjualan. Jika penjualan ramai maka bisa segera ditambahkan pengadukan.

Tak Butuh Modal Besar

Untuk memulai usaha ini tidak diperlukan modal yang cukup besar. Biaya investasi terbesar hanya pada pembuatan gerobak. Cetak terang bulan harus dibuat khusus karena memang cetakan ini butuh syarat
Perkiraan Investasi Peralatan Martabak Gerobak

No
Nama Peralatan
Harga/satuan/Rp
1
 1 set Gerobak
                    1,200,000.00
2
1 set Kompor + tabung 12 kg
                        850,000.00
4
2 Cetakan terang bulan mini
                        280,000.00
5
1 cetakan terang bulan super mini
                        280,000.00
6
1 cetakan terang bulan sedang
                        120,000.00
7
1 set Mixer
                        250,000.00
8
Kape, Sodet, sendok, dll
                          75,000.00
9
2 Pisau
                          40,000.00
10
1 buah golok untuk martabak telur
                          25,000.00
11
3 buah talenan
                          60,000.00
12
2 buah gelas ukur
                          20,000.00
13
Aneka toples plastik untuk toping
                        100,000.00
14
Aneka baskom
                          50,000.00
15
1 set lampu dan neon box
                        250,000.00

Total
                    3,600,000.00



Resep Dan  Analisa Usaha Terang Bulan Mini

Terang Bulan Super Mini (Tanpa Fermentasi)
Bahan :
Tepung terigu protein sedang                         250 gr
Gula                                                    50 gr
Vanili bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Air                                                       300 ml
Kuning telur                                        3 butir
Soda kue secukupnya

Cara Membuat :
Campur terigu, gula, garam dan bubuk vanili. Aduk jadi satu (jika ingin dikirim ke gerai terang bulan harus dikemas jadi satu). Masukkan kuning telur, lalu kocok sambil sedikit demi sedikit diberi air. Kocok awal dengan kecepatan rendah lalu tambah dengan kecepatan tinggi. Pengocokan membutuhkan waktu 10-15 menit, tambahkan soda kue. Aduk ratakan. Adonan siap dicetak.

Panaskan cetakan martabak super mini yang menggunakan pan (cetakan kue lumpur) dengan diameter 6-7 cm. Masukkan adonan terang bulan, tutup agar panasnya merata. Angkat tutupnya jika sudah mulai masak, taburkan gula pasir. Angkat. Olesi dengan campuran margarine, taburkan aneka toping yang dikendaki.

Terang Bulan Mini
Tepung terigu protein 8-10%              250 gr
Gula Pasir                                            40 gr
Ragi                                                     secukupnya
Garam                                                 4 gr
Telur                                                    2 butir
Air                                                       250 ml
Vanili secukupnya
Soda kue                                             2 gr
Cara membuat :
Campur tepung, garam dan ragi, aduk sampai tercampur. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata, tambahkan telur. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan sisa air . Diamkan selama 30- 60 menit. Soda kue ditambahkan saat adonan akan dipanaskan.
Panaskan cetakan martabak , tuang adonan martabak dalam sekali tuang agar penampilan martabak rata dan bagus. Tutup rata dan biarkan sampai martabak berlubang lubang. Buka tutupnya, taburi sedikit gula, angkat. Setelah matang, angkat. Segera olesi dengan margarine, taburi toping.

Aneka Bahan Topping : Kacang sangrai, susu kental manis, margarine, coklat meses, strawberry jam, keju, wijen, buah buahan, buah kering dan seterusnya.

Perhitungan dan Analisa Usaha Terang Bulan Mini


Nama bahan
kebutuhan/kg
Harga/kg
Biaya/satuan/Rp
Terigu
250
            10,000.00
                2,500.00
Gula Pasir
40
            12,000.00
                   480.00
Ragi
5
            35,000.00
                   175.00
Garam
4
               1,500.00
                        6.00
vanili
1
            35,000.00
                      35.00
Air
250
                  125.00
                      31.25
Soda kue
2
            25,000.00
                      50.00
Total
                       552.00

                3,277.25
Hasil jadi 10 potong



Berat per potong 50 gr



Harga per potong


                   327.73

Analisa Keuntungan Terang Bulan Mini



Asumsi Omzet per hari



Terang Bulan coklat meses

75
potong
Terang bulan keju

75
potong
Terang bulan kacang

75
potong
Terang bulai selai strawberry

50
potong
Terang bulan aneka buah kering

50
potong
Terang bulan selai blueberry

50
potong


375





Pendapatan Per hari



Asumsi Omzet per hari



Terang Bulan coklat meses
75 x Rp. 1500

           112,500.00
Terang bulan keju
75 x Rp. 1500

           112,500.00
Terang bulan kacang
75 x Rp. 1500

           112,500.00
Terang bulai selai strawberry
50 x Rp. 1500

             75,000.00
Terang bulan aneka buah kering
50 x Rp. 1500

             75,000.00
Terang bulan selai blueberry
50 x Rp. 1500

             75,000.00

Total omzet

           562,500.00
Pengeluaran Per hari



Biaya Operasional



Biaya Bahan:



Biaya bahan martabak manis 375 potong x Rp.327.73

           122,896.88
Margarine untuk mengoles 1500 gr


             16,000.00
Susu kental manis toping 1 kaleng


             12,000.00
Coklat meses 500 gr


                7,000.00
Keju 1 kg


             35,000.00
gula pasir


                6,000.00
Kacang sangrai 500 gr


             16,000.00
selai strawberry 500 gr


             20,000.00
Selai blue berry 500 gr


             22,000.00
Buah kering 200 gr


             15,000.00
Total biaya bahan


           271,896.88
Kemasan setengah lusin 63 dus x Rp. 1200

             74,400.00
Gas elpiji


                2,000.00
Tenaga kerja


             30,000.00
Listrik dan Transportasi


             12,000.00
Total biaya lain lain


           118,400.00
Total Operasional


           390,296.88
Keuntungan Per hari = Pendapatan per hari - pengeluaran per hari

Total omzet - total operasional


           172,203.13
Harga Jual per setengah lusin Rp. 1500 x 6

                9,000.00

 Tulisan yuyun anwar pernah dimuat di harian surya kolom wirausaha kuliner

1 komentar:

  1. artikelnya sangat bagus & menginspirasi
    saya ada pertanyaan, kenapa terang bulan super mini membuat adonannya tanpa fermentasi?

    BalasHapus